Pembangkit Listrik Tenaga Ombak

Pembangkit Listrik Tenaga Ombak

Pembangkit Listrik Tenaga Ombak Pada umumnya PLTA ialah pembangkit listrik yang energi penggerak utamanya bersumber dari air yang dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menggerakan turbin. PLTA merupakan jenis pembangkit sumber energi terbarukan dan tanpa menimbulkan emisi. Tetapi untuk skala besar masih banyak masalah-masalah yang harus dihadapi dari pengembangan PLTA ini. Permasalhan yang sering timbul adalah besarnya biaya untuk pembangunan dan pemeliharaan PLTA, kebutuhan lahan yang sangat luas, dan efek samping yang diakibatkan terhadap lingkungan juga menjadi kendala.
Karena alasan tersebut, akhir-akhir ini banyak yang mengembangkan alternatif teknologi baru sistem pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air untuk mengahasilkan enegi listrik, salah satunya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Arus Sungai/Laut.

Arus sungai mempunyai kelebihan dibandingkan dengan angin ataupun matahari yang cenderung lebih dipengaruhi oleh cuaca, sementara arus sungai mempunyai aliran yang tetap dan tidak banyak mengalami perubahan hingga ratusan tahun. Selain itu, air mempunyai berat jenis yang lebih besar dibandingkan dengan udara, dan hal itu berarti bahwa potensi energi yang bisa dihasilkan 321.800 km sungai-sungai besar di dunia lebih besar dibandingkan dengan energi yang bersumber dari angin.

Berbeda dengan arus sungai, arus laut juga mempunyai kandungan energi yang bisa dimanfaatkan sebagai energi terbarukan. Namun arus laut cenderung mengalami perputaran atau biasa disebut juga arus putar sehingga cenderung pula untuk merusak. Pada selat, teluk dan tempat-tempat lainnya dimana arus laut mengalami penyempitan berupa bottle neck, arus laut akan sangat kuat sehingga sangat potensial untuk dimanfaatkan energinya.

Teknologi

Teknologi yang digunakan bekerja dengan cara mengkonversi energi kinetik dari arus laut ke energi listrik. Untuk melakukan hal tersebut, tidak dapat dilakukan dengan cara menghalangi seluruh jalan dari arus tersebut. Jika jalan dari arus tersebut dihalangi seluruhnya, maka energi yang ada tidak dapat diambil atau bahkan dapat merusak ekosistem yang ada. Maka dibuatlah desain untuk memaksimalkan jumlah energi yang dapat diambi sementara arus laut dapat berjalan sebagaimana mestinya tetapi dengan energi yang berkurang.
Ada beberapa macam kategori untuk mengubah energi arus laut menjadi energi listrik. Salah satu kategorinya ialah berdasarkan pada konfigurasi rotor :
1. Horizontal axis
2. Reciprocating hydrofoil
3. Vertical axis

Tidal Fence

Tidal fences ini sangat efektif untuk menghalangi arus. Keuntungan lain dari alat ini ialah bahwa semua peralatan listrik (generator dan transformator) dapat ditaruh di atas permukaan air. Selain itu, dengan memotong saluran arus, maka kecepatan turbin akan meningkat secara signifikan. Namun alat ini mempunyai beberapa kekurangan. Karena alat ini ditempatkan di tepi muara, maka dapat mengganggu ekosistem yang ada.

Tidal turbin

Tidal turbin merupakan alternartif dari tidal fence. Bentuknya yang menyerupai turbin angin, mempunyai beberapa kelebihan daripada tidal fence. Alat ini lebih aman bagi lingkungan, tidak menghalangi kapal kecil untuk bergerak di atasnya atau di area tempat turbin ini berada, dan pembuatannya yang membutuhkan sedikit material daripada tidal fence.

Tidal turbin dapat bekerja dengan baik di tempat yang mempunyai arus 2-2.5 m/s (arus yang lebih lambat tidak ekonomis sedangkan arus yang lebih cepat akan memberikan tekanan yang besar pada peralatan yang ada). Arus tersebut akan memberikan kerapatan energi empat kali lebih besar daripada udara, yang berarti turbin air dengan diameter 15 m akan menghasilkan energi yang sama dengan turbin angin dengan diameter 60 m. Sebagai tambahan, arus laut dapat diprediksi dan andal, sehingga dapat dikatakan lebih baik daripada energi angin atau energi matahari.

Ada banyak tempat di seluruh dunia yang memungkinkan untuk dipasang tidal turbin. Tempat yang ideal ialah tempat yang dekat dengan tepi laut (1 km) dan di air dengan kedalaman 20-30m. Menurut Peter Fraenkel,direktur dari UK-based Marine Current Turbines, tempat yang ideal akan menghasilkan 10 MW/km2. Uni Eropa telah mengidentifikasi 106 tempat yang cocok untuk dipasang turbin ini. Fraenkel juga percaya bahwa Indonesia juga dapat mengembangkan teknologi ini untuk membangkitkan energi.

Kesimpulan

Pembangkit listrik tenaga arus laut mempunyai beberapa keuntungan jika digunakan sebagai pembangkit listrik :
1. Merupakan energi terbarukan.
2. Mengurangi ketergantungan kepada bahan bakar fosil.
3. Tidak menghasilkan polusi/ ramah lingkungan
4. Konstruksi yang besar dapat menarik ikan , burung, dan hewan lain sebagai tempat bersarang.
5. Pembangunannya yang relative cepat.

8 Cara Pacaran Awet Tidak Mudah Putus

8 Cara Pacaran Awet Tidak Mudah Putus

1. Berempati

Salah satu kunci untuk menjadi pacar impian, adalah dengan memiliki empati yang besar terhadap pacar. Empati berarti kita bisa menempatkan diri kita di posisi dia untuk berbagai situasi.

yang dimaksud dengan empati adalah bagaimana kita menempatkan diri kita pada lawan komunikasi kita. misalnya, ketika lawan komunikasi kita mendapat musibah, kita menempatkan diri, memposisikan diri sebagai dirinya yang tertimpa musibah sehingga bisa menyelami bagaimana perasaan sedihnya.
empati lebih tinggi tingkatannya dari simpati. simpati adalah bagaimana kita memahami perasaan orang lain tanpa memposisikan diri sebagai orang tersebut.

2. Bisa mengendalikan diri

Nasib manusia yang bergulir seperti roda, tidak selalu berada di atas. Suatu saat, sebagai manusia biasa, bisa saja kita berada pada titik emosi yang paling rendah.
Pada saat ini kita bisa saja merasa bahwa kita tidak punya kekuatan untuk keluar dari masalah. Kita juga merasa takut menghadapi risiko yang mungkin timbul.

Dengan mengendalikan diri, kamu jadi gak gampang marah dan berpikir lebih jernih saat melakukan sesuatu.

3. Tidak Egois

Pribadi egois adalah pribadi yang melihat segala sesuatu dari kacamatanya. Dia tidak bisa memahami pikiran orang, perasaan orang, jadi selalu menuntut orang untuk mengikuti pendapatnya. Pribadi egois juga adalah pribadi yang mementingkan dirinya sendiri, dia tidak bisa mempertimbangkan kebutuhan orang, dia senantiasa mengedepankan kebutuhannya di atas kebutuhan orang.

Kalo kamu benar-benar mencintainya, coba kesampingkan segala keinginan dan kebutuhanmu, dan utamakan hubungan kalian berdua.

4. Tidak membongkar kejelekan pacar pada orang lain

Udah bukan rahasia lagi kalo cowok atopun cewek suka sekali membagi segala cerita pada sahabatnya.

Tapi kalo udah berhubungan dengan keburukan pacarmu, sepertinya harus disimpan sendiri. Kamu juga gak pengen kan, pacarmu menceritakan aibmu ke teman-temannya? Jadi sebisa mungkin kalian tidak membuka aib pasanganmu pada orang lain karena akan berdampak buruk bagi hubungan kalian nantinya.

Hanya kalian berdua aja yang berhak tau karena kalianlah yang bisa saling menutupi kekurangan pasangan kalian.

contohnya kayak gambar dibawah ini gak perlu cerita ke orang lain klo pasangannya suka ngiler waktu tidur 🙂

5. Suka mendengarkan

Pacar yang baik adalah pacar yang mau mendengarkan segala cerita dan keluh kesah pasangannya. Jadikan dirimu satu-satunya orang yang dipercaya untuk menjadi tempat curhatnya. Ini salah satu idaman pasangan.

Jangan sampe hanya ingin di dengarkan aja tapi untuk mendengarkan kagak mau,bisa bikin masalah baru tuh…hehehe

6. Membiarkan pacar jadi dirinya yg sebenernya

Kita tidak pernah tahu isi hati seseorang baik Cowok ato Cewek paling gak suka diatur – atur.

Jadi kalo kamu pengen hubungan kalian adem ayem aja, kamu harus bisa menerima dia apa adanya. Jangan mengatur-atur atau bahkan berusaha membuat dia terlihat seperti keinginanmu.

7. Percaya diri

Cowok juga gak suka kalo pacarnya sibuk mengikuti gaya orang lain. Kamu harus yakin pada dirimu sendiri, bahwa pacarmu menyukai dirimu apa adanya.

Karena yang namanya Cinta tuh gak semata – mata memandang bentuk tubuh ato wajah cantik,tetapi melihat dan menerima dirimu apa adanya tanpa terkecuali…

8. Tidak posesif

Pacaran bukan berarti 24 jam harus selalu bersama. Ada saatnya pacarmu juga ingin kumpul bersama teman – temannya. Berikan kebebasan itu dan kepercayaan bahwa dia menjaga keutuhan hubungan kalian berdua.

Karena cinta itu bukan untuk dikekang.tp cinta itu saling mempercayai.

Semoga kalian semua bisa menjadi pasangan idaman bagi pasangan kalian masing – masing.

Dan suatu saat kalian bisa mengucapkan 

8 Cara Menghilangkan Ngantuk Paling Efektif

8 Cara Menghilangkan Ngantuk Paling Efektif

8 Cara Menghilangkan Ngantuk Paling Efektif – Kurang tidur seringkali dijadikan alasan mengantuk saat jam kerja. Tak sedikit dari Anda mencoba mengatasinya dengan secangkir kopi atau menenggak minuman penambah energi. Tetapi, tanpa disadari, minuman itu justru membuat Anda ketergantungan.

Minuman berkafein memang dapat mencegah rasa kantuk. Namun Anda patut mewaspadai efek sampingnya, mulai dari memangkas waktu tidur, mengganggu siklus dan menurunkan kualitas tidur Anda.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa tetap “melek” secara alami? Ada baiknya Anda mencoba 12 cara berikut ini :

1. Bangun dari kursi dan berjalan-jalan sejenak

Dalam sebuah studi populer, Robert Thayer PhD, seorang profesor di California State University, Long Beach, mempelajari apakah orang-orang lebih bersemangat dengan makan permen atau berjalan-jalan cepat 10 menit.

Meskipun mengunyah permen meningkatkan energi, satu jam kemudian tubuh akan kembali lelah. Sementara berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot.

Jika Anda bekerja di meja, sering-seringlah untuk berjalan-jalan sebentar. Baik di luar gedung saat jam makan siang atau di gedung tempat Anda bekerja, akan membuat Anda merasa lebih waspada dan segar.

2. Istirahatkan mata untuk hindari kelelahan

Nongkrong di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks.

3. Pilih cemilan yang sehat

Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti:
1. Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri
2. Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar< 3. Baby carrots dengan saus krim keju rendah lemak.

4. Ngobrol dengan rekan kerja

Jika Anda tidak konsentrasi, ngobrolah untuk membuat pikiran anda rileks sejenak. “Bicaralah dengan rekan kerja tentang bisnis, politik, atau agama. Ini akan menjadi perangsang yang kuat terutama pembicaraan tentang politik,” kata Krakow, Direktur Medis dari Maimonides Seni Tidur dan Ilmu Pengetahuan, Ltd di Albuquerque.

5. Bikin ruang kerja lebih terang

Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

6. Tarik nafas dalam

Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.

Ide dari latihan pernafasan adalah untuk menghirup udara ke perut, bukan dada. Anda dapat melakukannya di meja Anda. Duduk tegak, cobalah latihan ini sampai 10 kali :
* Dengan satu tangan di perut Anda tepat di bawah tulang rusuk dan yang lainnya di dada Anda, tarik napas dalam melalui hidung Anda dan biarkan perut Anda mendorong tangan Anda keluar. Dada Anda tidak boleh bergerak.
* Tarik napas melalui bibir seolah-olah Anda bersiul. Anda dapat menggunakan tangan di perut Anda untuk membantu mendorong udara keluar.

Teknik lain disebut merangsang napas, digunakan dalam yoga untuk meningkatkan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Caranya :
Tarik dan hembuskan napas secara cepat cepat melalui hidung. Mulut Anda tetap tertutup tapi santai. Lakukan teknik napas ini dengan tempo singkat, yakni tiga kali dari setiap siklus dalam satu detik. Lalu setelahnya, bernapaslah dengan normal. Anda dapat melakukannya sampai 15 detik untuk pertama kali dan untuk berikutnya tambahkan lima detik setiap kali melakukannya hingga mencapai satu menit.

7. Menepilah saat mengantuk ketika mengemudi

“Mengemudi sambil mengantuk sama bahayanya dengan mengemudi di bawah pengaruh alkohol,” kata Siebern. Triknya, Anda dapat membuka jendela dan menyalakan musik keras. “Gantikan posisi anda yang mengemudi dengan orang lain atau menepilah dan tidur hingga kantuknya hilang,” kata Siebern.
Jika Anda berada dalam perjalanan panjang, gantilah posisi pengemudi sesering mungkin. Berhenti setidaknya setiap dua jam untuk berjalan-jalan dan mendapatkan udara segar.

8. Alihkan tugas untuk stimulasikan pikiran

Pada 2004, peneliti Finlandia mempelajari orang-orang yang bekerja shift malam (jam 12). Mereka menemukan bahwa pekerjaan monoton sama berbahayanya karena mengurangi waktu tidur dan menurunkan kewaspadaan. Cobalah melakukan tugas yang berbeda di rumah atau di tempat kerja saat mengantuk. Atau beralih ke tugas lain yang lebih menarik ketika Anda merasa mengantuk.

Terapi herbal untuk kesehatan dan penyakit

Terapi herbal untuk kesehatan dan penyakit

Pagi ini sepertinya badan serasa segar tapi rasanya kurang tidur :p, bawaan ngantuk mulai jam 10 pagi tadi, benar-benar perjuangan berat untuk mata :D. Tapi gak lama setelah itu rasa kantuk semakin hilang karena tertarik dengan satu artikel yang di sodorkan atasan, tentang pengobatan herbal yang mungkin berguna buat bacaan sambil menikmati secangkir kopi.

Sumber awal penyakit masa ini penyebab umumnya :
Colesterol :

  1. Sumbatan-sumbatan dalam pembuluh darah.
  2. Sumbatan-sumbatan dalam kepala.

Sehingga dapat terjadinya :

  1. STROKE
  2. Penyakit jantung koroner (PJK)
  3. Gagal ginjal

Pantangan Umum adalah:
–          Jeroan, seafood, lemak, vessin.
–          Kurangi gorengan serta terigu (mie, roti, bolu, biscuit)
–          Kuning telur, ayam ras, ikan kolam (karena makan [ellet)
–          Ikan pantai, kerang-kerang pantai
–          Sayur kangkung, bayam, daun singkong, daun papaya
–          Buah naga, durian nangka, cempedak, sukun.
Pola makan haruslah berubah :
–          Sebaiknya makan juice serta buah-buahan sebelum makan nasi.
–          Seimbang antara sayur-sayuran dan buah-buahan serta daging protein dll.
–          Makan buah atau minum jus sebelum makan nasi atau makanan [adat (1 Jam sebelumnya) biasakan minum jus buah/sayur.
–          Hindari makanan penyebab kolesterol dan lain-lain membatasi makan dan berhentilah makan sebelum kenyang.  Tahu tepat makanan yang harus dimakan (contoh: alpokat saja)
–          Waspada sedini mungkin ketidak nyamanan dalam tubuh serta antisipasi sebelum parah.
–          Usahakan makan tanpa gula atau susu. (alpukat, sirsat, papaya). Rata-rata rasio 4 >>> 5 > 6 7 (bahaya rawan strok, jantung koroner)
Tahu rasio kesehatan rumus = (Colistrol total HDL)2^=…..?
–          Kegemukan / obesitas dapat melemaskan kaki dengkul dan sesak nafas serta banyak timbul macam-macam penyakit.
Catatan :
–          Cuci/sayur dengan air yang mengalir, untuk lebih higiensi. Sebelumnya bilas dengan sedikit mama lemon.
–          Sebelum  menggunakan wortel. Wortel direndam dulu selama 3 menit di air mendidih untuk menghilangkan  racun & pupuk sianida.
–          Penggunaan brokoli dan kembang kol tidak boleh memakai batangnya karena mengandung purin penyebab asam urat.

–          Yang sepatutnya konsumsi alpokat saja atau sirsat saja.
CHOLESTEROL:
Pantangan : Gorengan, jeroan, kuning telur, ayam ras, ikan kolam (ikan mas, gurame, nila, bawal hitam; semua ikan yang makan pallet). Seafood (udang, cumi, kepiting), terasi, durian, nangka, cempedak, sukun dan buah naga.
Anjuran : Semua jenis jamur, ayam kampong/pejantan, ikan laut dalam (salmon, tuna, tongkol, kebung, kue, kerapu, teri, dll.)
Pilih salah satu juice terapi yang wajib diminum setiap hari :

  1. Kentang mentah (1 ons) + Tomat merah (1 ons) + Melon (1 ons)+ ½ gelas air.
  2. Timun berbiji (1 ons) + Nanas (1 ons) dibuang jantungnya + Apel hijau (1,5 ons) + ½ gelas air.
  3. Belimbing (0,5 ons) + Strawberry (0,5 ons) + Melon (1 ons) + ½ gelas air.
  4. Strawberry (0,5 ons) + Nanas (1 ons) dibuang jantungnya + Tomat merah (1 ons) + ½ gelas air.
  5. Jambu biji (1 ons) + Nanas (1 ons) dibuang jantungnya + Tomat merah (1 ons) + ½ gelas air.
  6. Kiwi (1 ons) + Apel hijau (1 ons) + Youghurt plain (150 cc)
    1. Jangan menggunakan : gula pasir, gula batu, gula kelapa
    2. Boleh diganti : Madu , gula aren, gula jawa, gula jagung

ASAM URAT:
Pantangan : Pete, jengkol, vetsin, melinjo, (daun & buahnya), bayam, kangkung, papaya, tangkai brokoli, tangkai kembang kol, buncis, kacang-kacangan (kenari, kacang hijau, kedelai, kacang panjang), minuman bersoda, the hitam & coklat.
Anjuran : Semua jenis jamur, ayam kampung/pejantan, ikan laut dalam (salmon, tuna, tongkol, kembung, kue, kerapu, teri, dll).
Pilih salah satu juice tetapi yang wajib diminum setiap hari :

  1. Wortel (1 ons) + Seledri (2 batang, akar + daun) + ½ gelas air
  2. Kiwi (1 ons) + Melon (1 ons) + 2 Sendok air jeruk peras + ½ gelas air.
  3. Apel Fuji (1 ons) + Jambu merah (1 ons) + Air jeruk 1 sendok makan + ½ gelas air.

DIABETES
Anjuran :

  • Makan 2 biji Mahoni setiap pagi (agar tidak [ahit, masukkan dalam pisang).
  • Mahkota Dewa (35 gram / 1 genggam) => Rebus dengan 2 gelas air menjadi 1 gelas.
  • Juice Jambu biji (1 ons) + Apel hijau (1,5 ons) + ½ gelas air.
  • Hindari obat-obatan yang mengandung Mefromin karena akan menyebabkan cuci ginjal.

DETOK :

  1. Beras merah (180 gram) dicuci dan di sangrai => masukkan 1 liter air mendidih, kecilkan api dan masak hingga airnya tersisa 1½ gelas. Minum air rebusan beras merah tsb. Setiap pagi & sore. Dan berasnya bisa ditanak dan dapat dimakan.
  2. Kedelai hitam (35 gram) direbus dengan 3 gelas air => Rebus hingga menjadi 1 gelas.
    Air rebusan kedelai hitam tersebut bisa untuk menyembuhkan anyang-anyangan dan juga baik untuk diabetes.

MATA :
Juice wortel yang berwarna orange/import (1 ons) + strawberry (0,5 ons) + Apel hijau (1 ons).
Sebelum digunakan setidaknya wortel direndam dulu 3 menit dalam air mendidih.

AMBEIEN :

  • Rebus daun Handalem 5 lembar + 2 gelas air menjadi 1 gelas air.
  • Makan lalapan daun Bluntas.

MAAG:
Pantangan : Ketan, tales, havermut, cuka, pisang Ambon, kedondong. Asinan buah, makanan kaleng, segala jenis makanan yang diawetkan dan yang mengandung bahan pengawet.
Anjuran : Minum rebusan :

  • Kunyit, Temulawak (masing-masing sebesar telur ayam) + 2 gelas air => 1 gelas.
  • Daun Sirih 1 lembar + Kunyit sejari => diparut, dimakan pagi & sore.
  • Makan kunyit saja sejari => kunyah saja.

LUKA DALAM TUBUH :

  • Rebus Jintan Hitam + daun Handalem + Kunyit (masing-masing sebesar telur ayam) + 2 gelas air => 1 gelas air.
    Air tersebut berfungsi untuk membekukan darah dan menutup luka.

ATRITIS (Bunyi pada Persendian):
Anjuran :

  • Makan Alpukat saja (baik untuk melumaskan sendi-sendi).
  • Makan kikil dan sumsum.
  • Makan buah Sirsak (untuk sendi yang nyeri).

PELUPA :
Anjuran : Rebus daun Antanan / Pegagan (1 genggam) + 2 gelas air => 1 gelas air. Bosa juga dilalap.
UNTUK MENGHINDARI PENYAKIT-PENYAKIT YANG BISA DIDERITA SETELAH MENOPOSE :
REBUS : Jahe merah (sebesar telur ayam) dibakar, dikeprek + 5 butir biji Merica + Kayu Manis + 1 gelas air => ¼ gelas. Bisa ditambah susu biasa/susu kedelai (bukan susu yang mengandung kalsium tambahan). Minum setiap pagi.
TEKANAN DARAH TINGGI :
Pantangan : Bawang merah & pisang Ambon.
Untuk menurunkan tekanan darah tinggi : Daun Salam (8 lembar) + Seledri (2 batang, akar + daun) + 2 liter air. Direbus dengan api kecil sampai mendidih 5 menit baru dimatikan apinya.
Dapat diminum pagi, siang & sore.
TEKANAN DARAH RENDAH :
PANTANGAN : Kiwi, Pear, bawang putih, Apel Malang, air kelapa hijau, pisang Ambon (semua makanan berkalium tinggi)
Untuk menaikkan tekanan darah rendah :

  • Makan bawah merah goreng pada saat dirasa tekanan darah turun.
  • Juice bawang merah (8 siung) + tomat (1 ons) + youghurt plain (150 cc).

BENJOLAN / TUMOR / KANKER / PROSTAT :

Pantangan : Semua jenis daging merah (sapi, babi, kambing), produk olahan hewan (susu, coklat, youghurt), kopi, gula pasir, gula batu, gula kelapa.
Anjuran : Minuman Juice :

  1. Kentang (1 ons) + Tomat (1 ons) + Melon (1 ons) + ½ gelas air.
  2. Kembang Kol (1 ons tanpa batang) + Brokoli (1 ons tanpa batang) + Timun tua (1 ons)

Bila sudah dikemoterapi / Pengganti kemoterapi :

  1. Rebus daun sirih (8 lembar) + 3 gelas air menjadi 1 gelas.
  2. Rebus Keladi tikus (10 gram) + Meniran (1 genggam) / Tapak Dara (5-12 lembar) / Sarang Semut / benalu the / batang daun dukuh (8-10 lembar) / daun rambutan (8-10 gram) + gelas air => 1 gelas.

Untuk yang kena prostat dan untuk memperlancar kencing, Rebus :
Daun keji beling (3 lembar) / daun kumis kucing (8-10 lembar) + 2 gelas air => 1 gelas.
Catatan : Bila ada benjolan ditubuh tidak boleh ditekan-tekan/dipegang-pegang.

Harap berkonsultasi dahulu dengan dokter anda atau ahli gizi agar lebih memahami artikel ini.

8 Bahaya Kurang Tidur atau Begadang

8 Bahaya Kurang Tidur atau Begadang

Bahaya Kurang Tidur atau Begadang menonton bola mengikuti perkembangan piala dunia 2010 dapat menghantarkan berbagai kemungkinan munculnya penyakit.Banyak dampak buruk yang didapatkan karena kurangnya waktu tidur. Selain pekerjaan dan aktivitas sehari-hari menjadi terhambat, kurang tidur dapat menyebabkan berbagai macam penyakit hadir di tubuh kita. Inilah dampak buruk yang bisa Anda alami jika waktu tidur Anda kurang dari 7-9 jam per hari, dan bila tidur Anda tidak nyenyak

Hasrat Ngemil Makanan Berlemak Meningkat

Kurang tidur bisa melenyapkan hormon yang mengatur nafsu makan. Akibatnya, keinginan menyantap makanan berlemak dan tinggi karbohidrat akan meningkat, sehingga menyebabkan Anda menginginkan asupan kalori tinggi. Jika selama 2 malam tidur Anda tidak berkulitas bisa memicu rasa lapar berlebihan. Kondisi ini terjadi karena merangsang hormon ghrelin penambah nafsu makan, dan mengurango hormon leptin sebagai penekan nafsu makan.

Antibodi Menjadi Lemah

Mereka yang tidur kurang dari 7 jam per malam bisa 3 kali lebih rentan mengalami rasa dingin. Penelitian lain menemukan, pada pria yang kurang tidur akan mengalami kegagalan untuk menjaga respon imun atau kekebalan tubuh secara normal setelah menerima suntikan flu. Mereka yang kurang tidur, antibodi yang bekerja setelah dilakukan vaksinasi hanya bisa bertahan paling lama 10 hari. Kondisi tersebut sangat berbahaya. Perbaiki kualitas tidur, maka kekebalan tubuh Anda akan meningkat.

Rentan Terserang Diabetes

Gula adalah bahan bakar setiap sel dalam tubuh Anda. Jika proses pengolahannya terganggu bisa menyebabkan efek buruk. Dalam penelitian yang dilakukan Universitas Chicago, AS, yang meneliti sejumlah orang selama 6 hari, mendapatkan kondisi ini bisa mengembangkan resistansi terhadap insulin, yakni hormon yang membantu mengangkut glukosa dari aliran darah ke dalam sel. Hal ini menyebabkan terjadinya proses metabolisme gula yang tidak semestinya. Akibatnya bisa menyebabkan timbulnya diabetes.

Stress Meningkat

Studi yang dilakukan Universitas Chicago juga menemukan bahwa tidur kurang dari 7 jam bisa meningkatkan produksi kortisol atau hormon stres. Bahkan pada sore dan malam hari dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan glukosa darah sehingga bisa memicu terjadinya hipertensi, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Memicu Rasa Gelisah

Rasa gelisah setiap malam pasti akan terus menghantui mereka yang memiliki kualitas tidur buruk. Reaksi tubuh pun bisa menurun. Yang lebih kronis lagi, perasaaan bahagia tidak akan menghampiri hidup mereka yang kurang tidur, karena tidur dan suasana hati diatur oleh zat kimia otak yang sama. Hal ini dapat meningkatkan risiko pengembangan depresi, tapi mungkin hanya bagi mereka yang sudah rentan terhadap penyakit.

Tampak Lebih Tua

Mereka yang kurang tidur biasanya memiliki kulit yang pucat dan wajah lelah. “Lebih buruk lagi, peningkatan kadar kortisol dapat memperlambat produksi kolagen yang memicu terjadinya keriput lebih cepat,” kata Jyotsna Sahni, MD, ahli masalah tidur di Canyon Ranch, Tucson.

Berbagai Rasa Sakit Bisa Timbul

Tidaklah mengherankan, sakit kronis seperti masalah punggung atau arthritis bisa saja terjadi bila Anda melakukan aktivitas tidur yang buruk. Dalam sebuah studi dari John Hopkins Behavioral Sleep Medicine Program, direktur Michael Smith, PhD, membangunkan orang dewasa muda yang sehat selama 20 menit setiap jam selama 8 jam selama 3 hari berturut-turut. Hasilnya, mereka memiliki toleransi sakit yang lebih rendah, dan mudah mengalami nyeri.

Risiko Kanker Lebih Tinggi

Olahraga membantu mencegah kanker, tetapi terlalu sedikit memejamkan mata dapat merusak efek pelindungnya. Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health meneliti hampir 6.000 wanita selama sekitar satu dekade dan menemukan bahwa penggemar olahraga yang tidur 7 jam atau lebih sedikit per malam memiliki kesempatan lebih besar 50% mengidap kanker daripada mereka yang rutin melakukan senam dan memiliki kualitas tidur yang baik. Hal ini terjadi karena kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan gangguan metabolisme hormonal dan dikaitkan dengan risiko kanker, dan bisa ‘menghapus’ manfaat latihan.