Connect with us

Kumpulan Tips

20 Persiapan Perjalanan Antar Negara Menggunakan Pesawat

Persiapan Perjalanan Antar Negara Menggunakan Pesawat

Sudah mau liburan nih…pasti banyak yang sudah merencanakan perjalanan, bagi yang menggunakan pesawat udara, ada beberapa tips nih..biar nggak kerepotan

  1. Buat reservasi jauh-jauh hari sebelumnya selain memastikan tempat duduk juga biasanya masih dapat harga murah
  2. Manfaatkan fasilitas reserve seat dan meals, terutama bagi perjalanan jauh, untuk beberap airline yang bukan low cost carrier, semua fasilitas ini free, bahkan vegetarian meal, atau birthday cake bagai yang berulang tahun pas perjalanan
  3. Jangan lupa sampaikan nomor keanggotaan frequent flyer kalo ada,lumayan nambah kumpulan mileage
  4. Segera buat tiket, biar nggak auto cancel, karena kita lupa batas waktu pengambilan tiket, kalau keluarnegeri..jangan lupa tiketnya mesti pulang pergi, itu aturan kenegaraan, kalo tidak ya mesti bawa uang yang cukup, minimal kartu kredit, bisa buat beli tiket pulang, ini dimaksudkan, kalau terjadi sampai dipulangkan karena sesuatu hal..ya biaya sendiri, daripada masuk penjara imigrasi hehehe..boleh tuh diliat contohnya di film “The TERMINAL”
  5. Identitas jangan lupa dibawa, apalagi keluar negeri passport mesti valid minimal sampai 6 bulan kedepan , dari tanggal tiba ditempat tujuan. Visa, check perlu visa atau tidak di tempat transit maupun tujuan
  6. Hari-H, Yang perlu diperhatikan : Lebih baik datang 2 jam sebelum jadwal keberangkatan, daripada terjebak antrian atau prosedure yang lain, bisa ketinggalan pesawat
  7. Barang bawaan yang boleh dibawa kedalam pesawat ukup satu aja, yang kita perlukan selama penerbangan, karena ada batasan
    – ukuran harus cukup ditaruh di head rack, berat maksimum 7 kgs
    – isinya, wah mesti hati
    – hati dengan liquid, aerosol, gel maksimum per kemasan 100mg, total yang boleh dibawa 1 liter
    – nggak usah bawa korek gas ya…restricted item
  8. Bagasi yang dilaporkan, jangan diisi barang-barang berharga atau pecah belah, bukan curiga, tapi berjaga-jaga kan lebih baik Lebih baik lagi diberi nama dan nomor telephone, biar nggak tertukar
  9. Jangan asal bayar , semua charge harus ada tanda terima, yang wajib dibayar untuk domestik hanya airport tax, untuk internasional, fiskal, dibeberapa negara ada yang memberlakukan service charge, tapi ada juga yang sudah termasuk dalam harga tiket
  10. pastikan barang tidak tertukar di X-ray, banyak tas yang mirip kan?
  11. In flight Nggak ada salahnya perhatikan pramugari yang lagi demo untuk keselamatan penerbangan
  12. Hp nggak usah di hidupkan, sebagian besar airline masih melarang penggunaan HP di pesawat
  13. Nggak ada salahnya perhatikan beberapa sign, emergency exit, no smoking sign, fasten seat belt sign…
  14. Kondisi cuaca yang cerah belum tentu tidak ada gangguan, malah cuaca yang panas, terkadang banyak hampa udara , jadi lebih baik selama duduk pakai aja seat belt
  15. jangan terlalu banyak minum yang berakohol ( yang muslim emang dilarang kan?), juga yang mengandung caffein, soalnya memicu jetlag
  16. baca instruksi yang ada didepan kursi, terutama yang duduk diarea emergeny exit, selain itu biasanya ada tips senam duduk, biar lebih relaks
  17. di kedatangan Jangan asal ambil bagasi karena bentuknya, cocokan nomor bagasi, malu kalau salah ambil punya orang hehehe
  18. Pergunakan kendaraan resmi dibandara, kalau menggunakan kendaraan umum, tidak semua orang yang menggunakan pas bandara itu petugas resmi…(cuman waspada aja, bukan menuduh)
  19. Lebih nyaman kalau kita sudah booking hotel atau travel yang bisa jemput dibandara
  20. oiya..barang bawaan, untuk keluar negeri, kalau ragu perlu declare custom apa enggak, mending declare aja..dari pada salah-salah, bisa kena denda…lumayan tuh….itu aja yang keinget..buat yang mo liburan…selamat berlibur

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *